Hal-Hal Dasar yang Harus Kita Ketahui Tentang Permintaan dan Penawaran Uang

  

Ada banyak hal-hal yang harus kita ketahui tentang permintaan dan penawaran uang. Namun di sini saya akan membahas dengan singkat dan jelas mengenai hal hal dasar yang harus kita ketahui tentang permintaan dan penawaran uang. Seperti, apa itu permintaan uang, apa itu penawaran uang, dan apa saja faktor yang mempengaruhi penawaran uang. Baiklah saya akan menjelaskannya, semoga bermanfaat untuk kita semua.

1.Permintaan Uang

  • Pengertian  
Adalah jumlah uang yang diinginkan/diminta oleh seluruh masyarakat untuk mengadakan transaksi pada suatu wilayah dan waktu tertentu.

  • Teori Keynes
Menurut teori Keynes, permintaan uang yang dilakukan oleh masyarakat didasari oleh tiga macam motif yaitu sebaga berikut:
  1.    Motif Transaksi (Transaction Motive) , yaitu : Karena orang membutuhkan uang untuk melakukan transaksi pembelian barang dan jasa.
  2.    Motif Spekulasi (Speculation Motive) , yaitu : Motive spekulasi bertujuan untuk mencari keuntungan dari permintaan uang.
  3.    Motif berjaga-jaga (Precautionary Motive) , yaitu : Dalam hal ini, fungsi uang adalah sebagai penyimpan, nilai kekayaan/aset .

2.Penawaran Uang

  • Pengertian
Adalah jumlah uang yang ada dan siap beredar untuk keperluan transaksi bagi masyarakat pada suatu wilayah dan waktu tertentu.

   Para ahli ekonomi klasik membedakan teori uang dalam 2 bentuk:
  1. Teori Kuantitas Uang, mempunyai pandangan bahwa perubahan dalam penawaran uang akan menimbulkan perubahan yang sama persentasenya dengan tingkat harga.
  2. Teori Sisa Tunai, menerangkan sifat hubungan antara penawaran dan tingkat harga. Teori ini juga berpendapat bahwa perubahan dalam penawaran uang akan menimbulkan perubahan harga yang sama tingkatnya.

   Penawaran uang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor:
      1. Pendapatan
          Jumlah uang yang diterima oleh masyarakat pada jangka waktu tertentu.
      2. Tingkat Suku Bunga
          Apabila suku bunga rendah orang enggan untuk menabung di bank sehingga jumlah uang yang           beredar banyak.
      3. Selera Masyarakat
          Pada saat ada pergantian model atau tren suatu barang maka permintaan terhadap barang                     tersebut dapat memengaruhi jumlah uang yang beredar.
      4. Harga Barang 
          Apa bila harga barang naik, maka peredaran uang akan semakin cepat karena dibutuhkan                     banyak uang untuk membeli barang tersebut.
      5. Fasilitas Kredit
          Adanya fasilitas kredit dapat memengaruhi jumlah uang yang beredar di pasar. Apabila                       masyarakat suka akan penggunaan kredit, maka dengan sendirinya penggunaan uang tunai                   akan berkurang.
      6. Kekayaan Masyarakat
          Jumlah uang yang beredar dalam masyarakat semakin besar apabla variasi kekayaan                             masyarakat sedikit, sebaliknya apabila masyarakat memiliki banyak pilihan bentuk kekayaan,             misalnya dalam bentuk tabungan, tanah, saham, dan lain-lain, maka jumlah uang yang beredar             akan menurun.


EmoticonEmoticon