Apa Manfaat yang Kita Dapat Dari Laut Selama Ini?



      Bismillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Wilayah pesisir dan laut memiliki peran yang sangat strategis dan penting untuk berbagai macam kegiatan. Di pos saya sebelumnya, saya sudah menjelaskan pengertian Laut "disini". Wilayah pesisir dan laut merupakan tempat yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang sangat melimpah. Bagi penduduk sebuah negara yang memiliki wilayah laut yang sangat luas, laut menjadi sumber mata pencaharian yang utama dan telah berlangsung berabad-abad lamanya. Selain manfaat alami dari laut yang diperoleh manusia, berbagai kemajuan dan teknologi makin mendorong manusia untuk mengelola sumberdaya laut secara bijaksana.
      Baiklah teman-teman, apakah kalian ingin mengetahui apa saja manfaat dari laut bagi kehidupan manusia?

Inilah berbagai manfaat dari laut bagi kehidupan manusia antara lain sebagai berikut:
a.       Jalur Transportasi
Perhubungan antar pulau, bahkan antarnegara dan antarbenua telah banyak dilakukan oleh orang-orang terdahulu. Mereka melakukan pelaaran dengan menggunakan kapal dari yang sangat sederhana hingga yang berteknologi modern pada waktu itu. Sampai saat sekarang laut masih merupakan jalur pelayaran bagi kapal-kapal besar di seluruh dunia.

b.      Perikanan
Sumber daya laut yang paling melimpah adalah ikan. Perikanan merupakan sumber daya yang sangat penting, baik untuk sumber pangan maupun untuk komoditi perdagangan. Perikanan yang dimaksud di sini memiliki arti yang luas, yaitu meliputi penangkapan dan pembudidayaan berbagai jenis ikan laut, udang, kerang, dan sejenisnya.

c.       Pertambangan
Laut menyimpan sumber daya alam tambang yang belum banyak dieksploitasi, terutama minyak dan gas bumi.

d.      Kesehatan
Berbagai tumbuhan laut menyimpan bahan kimia yang dapat diambil untuk dijadikan bahan baku obat-obatan dan kosmetik. Oleh karena itu, selain melakukan eksploitasi terhadap tumbuhan laut perlu juga adanya kegiatan budidaya.

e.      Sumber Energi
Perbedaan temperatur laut, gelombang, pasang surut, dan angin yang terjadi di laut berpotensi sebagai sumber energi. Perbedaan temperatur dan gelombang air laut dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik.

f.        Olahraga dan Rekreasi
Surfing
Laut memiliki potensi keindahaan alam yang sangat beragam, mulai dari pantai hingga di dalam laut. Pantai kini menjadi tempat untuk olah raga bola voli, permukaan laut untuk kegiatan selancar, dan dalam laut untuk kegiatan menyelam (snorkeling). Selain berolah raga, tentu saja aktivitas tersebut dilakukan sambil menikmati keindahan pemandangan laut.

g.       Pendidikan dan Penelitian
Ilmuwan serta peminat kelautan lainnya, laut merupakan laboraturium yang dapat dijadikan sarana untuk melakukan pendidikan dan penelitian di bidang ilmu kelautan (Oceanografi).

Baiklah  itu semua merupakan manfaat yang diberikan laut bagi kehidupan manusia. Sekian terimakasih, Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.




SUMBER : BUKU GEOGRAFI SMA KELAS X, PENULIS:SAMADI, S.Pd, M.Si , PENERBIT:QUADRA


EmoticonEmoticon