Ilmu Penunjang Geografi

Laut dapat dipelajari dalam oseanografi
    Ilmu Bantu Geografi
 
     Mengingat begitu luasnya bahasan dalam geografi. Oleh karena itu, ilmu penunjang geografi sangat diperlukan. Ilmu penunjang geografi tersebut antara lain sebagai berikut:
  1. Geologi, yaitu ilmu yang mempelajari lapisan batuan penyusun bumi.
  2. Geomoforlogi, yaitu ilmu yang mempelajari bentuk permukaan bumi dan proses terbentuknya permukaan bumi.
  3. Pedologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang lapisan tanah, antara lain tentang proses pembentukan dan jenis-jenisnya.
  4. Meteorologi, yaitu ilmu yang mempelajari cuaca, yaitu keadaan atmosfer pada suatu tempat yang relatif sempit dan dalam jangka waktu yang relatif terbatas.
  5. Klimatologi, yaitu ilmu yang mempelajari iklim, yaitu keadaan atmosfer pada wilayah yang relatif luas dan dalam jangka waktu yang relatif lama.
  6. Antropogeografi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang persebaran manusia di permukaan bumi dalam hubungannya dengan lingkungan geografi.
  7. Demografi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang kependudukan, antara lain hubungannya dengan jumlah dan pertumbuhan, komposisi, serta migrasi penduduk.
  8. Hidrologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang lapisan air yang ada di permukaan bumi, di bawah tanah, proses terjadinya, sirkulasi dan sebarannya.
  9. Oseanografi, yaitu ilmu yang mempelajari lautan, antara lain tentang sifat air laut dan gerakan air laut.
  10. Biogeografi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang persebaran hewan dan tumbuhan di permukaan bumi serta faktor-faktor yan mempengaruhi, membatasi, dan menentukan pola persebarannya. 

Sumber: Buku geografi kelas x, penerbit : Quadra, penulis: Samadi, S.Pd, M.Si


EmoticonEmoticon