Cara Belajar Agar Mendapatkan Rangking 1


Bismillahirramanirrahim, Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

     Teman-teman sekalian sekarang sudah musimnya ujian, diantaranya seperti UNBK, USBN, UAS, US, serta Ujian Kenaikan Kelas. Tapi apakah kalian sudah mempersiapkan diri dengan matang untuk menghadapinya?. Jika belum, saya memiliki cara belajar yang benar dan baik. Semoga bisa membantu kalian dalam menghadapi ujian yang tinggal sebentar lagi.

Baiklah ini dia cara belajar agar mendapat rangking 1 menurut saya:
1.       Mengulang Kembali Materi yang Telah Diberikan Guru Di Sekolah.
Mengulang kembali materi yang telah diberikan guru di sekolah dapat membuat kita semakin paham apa yang diajarkan guru kita dan juga membuat kita ingat dalam jangka waktu yang lama. Sehingga ketika ujian datang kita tidak perlu repot membaca buku yang terlalu tebal yang nantinya hanya kita jadikan sebagai bantal untuk tidur.
2.       Tidak Menerapkan Sistem Belajar “SKS” .
Belajar dengan sistem "SKS"
Tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan istilah “SKS”. Yaitu Sistem Kebut Semalam, sistem belajar SKS ini sering digunakan ketika besok ada ujian dan sejenisnya. Banyak diantara kita yang menggunakan sistem belajar seperti ini karena kita malas mengulang kembali materi yang sudah diajarkan oleh guru kita. Sistem belajar ini hanya akan membuat kita lelah, karena kita akan mengurangi jam tidur kita untuk belajar. Sehingga membuat kita ngantuk, tertidur, atau tidak maksimal ketika mengerjakan soal-soal. Dan akhirnya kita pun menyontek ke sana sini.

3.       Belajar Kelompok
Belajar kelompok bersama teman
Jika kalian bosen belajar sendiri di rumah, kalian bisa belajar bareng dengan teman-teman kalian di rumah atau tempat yang menurut kalian nyaman untuk belajar.
2.       Mengerjakan Soal-Soal yang Ada Di Buku
Rajin mengerjakan soal-soal yang ada di buku
Dengan kalian mengerjakan soal-soal yang ada di buku, kalian akan lebih mengerti tentang materi yang kalian pelajari.
3.       Rajinlah Bertanya Tentang Materi yang Tidak Kalian Mengerti
Dengan kalian rajin bertanya untuk menambah pemahan kalian tentang materi pembelajaran yang kurang atau tidak kalian mengerti. Maka guru kalian akan menandai kalian sebagai murid yang aktif. Dan kalian akan semakin menguasai materi tersebut.
4.       Rajinlah Membuat Catatan, Rangkuman, atau Resensi
Rajin membuat catatan
Membuat catatan, rangkuman, atau resensi akan memudahkan kalian ketika ujian tinggal sebentar lagi. Kalian tidak perlu repot membuka buku tebal kalian, yang hanya membuat kalian menjadi ngantuk. Cukup dengan membuka catatan yang sudah kalian buat. Tetapi ingat, catatan kalian tidak boleh kalian buka ketika kalian sedang ujian (menyontek), karena itu hanya akan merugikan kalian saja, kalian dapat dosa karena sudah berbuat curang, tidak jujur, dan menipu orang banyak (terutama guru) karena kalian mendapatkan nilai tinggi dengan menyontek catatan.
5.       Memperhatikan Guru ketika Guru Sedang Menjelaskan Materi Pembelajaran
Cara ini paling efektif, karena dengan kalian memperhatikan guru dengan baik ketika guru sedang menjelaskan materi, kalian dapat menghemat waktu belajar di rumah hingga 2 jam. Sehingga kalian dapat menggunakannya untuk istirahat, refreshing, atau bermain game.


Baiklah, semoga bermanfaat untuk kita semua, dan kalian dapat menerapkannya dengan baik. Dan jangan lupa ketika hendak belajar mulailah dengan berdoa, begitu juga ketika hendak ujian mulai lah dengan berdoa.



Mohon maaf apabila ada kesalahan. Dan mohon kalian memberikan saran di kolom komentar untuk menjadikan blog ini menjadi lebih baik lagi.

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

4 komentar

ada jaminannya gak nih gan dapat rank 1

Terima kasih banyak gan info nya. Sukses terus


EmoticonEmoticon