10 Kota yang Jadi Pilihan Tepat untuk Nikmati Masa Pensiun

     Bismillahirrahmanirrahim, baiklah saudara-saudara sekalian. Dalam pos saya kali ini, saya akan membahas 10 kota yang jadi pilihan tepat untuk menikmati masa pensiun anda setelah bekerja keras dimasa muda.

Berikut 10 Kota yang bisa dijadikan pilihan untuk dijadikan tempat tinggal pada saat pensiun nanti:

1. Berastagi


Anda mungkin tidak asing lagi dengan kota sejuk yang satu ini, setelah kota Medan, maka Berastagi adalah kota kedua yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Sumatera Utara. Berada di Dataran Tinggi Karo, Berastagi menjadi kota bunga dan juga buah-buahan yang indah dan nyaman. Tinggal di sini membuat Anda bisa menikmati udara pegunungan yang bersih.
Terkenal sebagai penghasil buah dan sayuran terbaik, maka Anda tidak akan kekurangan asupan makanan sehat di kota ini. Letaknya yang hanya berjarak tempuh sekitar 1 jam dari pusat kota Medan, membuat Berastagi layak dijadikan sebagai pilihan. Akses jalan raya ke kota ini juga sudah bagus, lengkap dengan fasilitas kesehatan yang baik. Biaya hidup masih tergolong rendah, dan akan dimanjakan oleh banyak lokasi wisata menarik di sekitar kota ini.

2. Padang


Masih dengan suasana pegunungan di Sumatra, kota Padang juga menjadi salah satu kota yang patut Anda pertimbangkan. Kota ini memiliki cuaca yang masih sejuk dan juga nyaman untuk dijadikan sebagai tempat masa pensiun nanti.
Pertanian dan bisnis ternak juga masih memiliki peluang yang sangat baik di kota ini, sehingga tidak perlu bingung akan melakukan apa setelah pensiun dan pindah ke sini. Kondisi jalan raya sudah terbilang baik, begitu juga dengan fasilitas kesehatan yang ada juga sudah cukup memadai.

3. Lembang


Berjarak belasan kilometer saja dari pusat kota Bandung, Lembang juga menjadi kota yang nyaman untuk Anda jadikan sebagai pilihan. Udaranya yang sejuk dan kental dengan suasana pedesaan dengan nuansa kebun teh, akan menjadi daya tarik tersendiri.
 Pertanian dan juga pariwisata menjadi pilihan bisnis di kota ini, sebab kota ini memiliki jumlah kunjungan wisatawan yang sangat tinggi sepanjang tahun. Meski belum memiliki fasilitas kesehatan yang sangat lengkap, namun jaraknya yang dekat ke kota Bandung tidak akan menyulitkan untuk mendapatkan layanan kesehatan terbaik jika tinggal di Lembang.

4. Sukabumi


Masih di sekitar Jawa Barat, Sukabumi juga menjadi salah satu kota yang layak dipertimbangkan sebagai kota pensiun. Kota yang tenang ini akan membuat Anda nyaman dan betah tinggal di sana. Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan layanan kesehatan, sebab kota ini memiliki layanan kesehatan yang sudah memadai. Kondisi alamnya yang masih bersih, menjadi saya tarik tersendiri bagi Anda yang ingin tinggal di kota yang satu ini.

5. Yogyakarta


Kota kecil namun memiliki semua yang dibutuhkan, Yogyakarta menjadi pilihan banyak orang sebagai kota tinggal di masa pensiun mereka. Memiliki fasilitas kesehatan yang lengkap, dengan biaya yang terbilang masih murah. Kota ini juga begitu nyaman dan bersih, sehingga akan membuat Anda betah dan bisa menikmati masa pensiun dengan bahagia. Biaya hidup di Jogja juga terbilang sangat murah, terutama jika memilih tinggal di wilayah perkampungannya.

6. Wonosobo (Dataran Tinggi Dieng)


Jika ingin tinggal di kawasan pegunungan, maka Wonosobo bisa Anda jadikan sebagai pilihan. Kota yang nyaman dengan cuaca yang terbilang cukup dingin ini, sangat layak untuk dijadikan sebagai pilihan. Di sini Anda bisa menikmati masa pensiun dengan tenang, sebab kota ini jauh dari hiruk pikuk perkotaan dan juga kesibukan jalan raya yang selalu padat dengan kendaraan bermotor.

7. Solo


Solo menjadi salah satu kota nyaman yang bisa membuat betah menikmati masa pensiun nanti. Kota ini memiliki fasilitas kesehatan dan juga pendidikan yang sangat baik, sehingga bisa memulai bisnis kost-kostan sebagai mata pencaharian yang baru setelah pensiun nanti. Biaya hidup di sini juga terbilang cukup rendah, hampir sama dengan biaya hidup di Yogyakarta.

8. Malang


Kota kecil yang berada di wilayah Jawa Timur ini, akan memberikan suasana sejuk dan nyaman. Malang memiliki fasilitas kesehatan dan juga pendidikan yang lengkap, sehingga tidak perlu mengkhawatirkan kedua hal tersebut. Biaya hidup di kota ini juga masih terbilang rendah, lengkap dengan sejumlah lokasi wisata lama yang indah dan sejuk.

9. Manado


Kota yang terletak di wilayah Sulawesi ini juga bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan. Manado adalah kota yang terbilang cukup besar, namun masih memiliki kondisi alam yang baik dan terawat. Di sini bisa menemukan semua kebutuhan Anda dengan mudah, bahkan fasilitas kesehatannya juga bisa diakses dengan biaya yang rendah.

10. Ubud


Berada di Bali tidak selalu identik dengan keramaian dan juga nuansa yang itu-itu saja. Ubud menawarkan sensasi yang berbeda yang kental dengan nuansa seni serta area pertaniannya yang menghampar hijau. Anda akan nyaman dan betah tinggal di tempat ini, karena begitu tenang dan terkenal dengan penduduknya yang begitu ramah.


MSN BERITA
Siti Hadijah, Cermati


EmoticonEmoticon